18 May 2013

Cara membuat geladak miniatur kapal.



Dalam membuat miniatur kapal hal yang paling menyenangkan sekaligus menantang adalah membuat geladak. Bagian geladak biasa nya disebut sebagai lambung kapal. Geladak merupakan komponen penting dalam miniatur kapal.

Dalam tema kali ini saya ingin membahas mengenai pembuatan geladak dengan metode batok atau biasa yang disebut dengan bentuk utuh.

Hal yang pertama dilakukan adalah memotong sebuat kayu balok menjadi 4 bagian.
Dari 4 bagian ini dibagi lagi menjadi 2 bagian masing kondisi utuh atau tidak dipotong atau dibentuk.
Sedangkan 2 bagian lagi dibentuk menyerupai huruf U.

Sebagai gambaran dapat dilihat pada bagian dibawah ini :








Setelah dibentuk seperti diatas, kita mulai menempelkan ke empat balok tersebut menjadi satu. Anda bisa menggunakan perekat kayu (tergantung jenis kayu yang anda gunakan), namun pada umumnya kayu balok sama seperti kayu kusen. Jadi anda bisa menggunakan lem khusus kayu yang rekat agar dikemudian hari miniatur kapal yang anda buat tidak mudah pecah.

Namun alternatif kedua yang bisa anda gunakan adalah menggunakan paku kayu yang kecil, namun di paku pada titik titik yang tidak dibentuk, terutama pada bagian tengah kapal.
Namun sebelum anda memasangkan paku, pada fase ini anda tetap menggunakan lem terlebih dahulu.

Pada tahap berikut mya kita akan membuat atau membentuk bagian depan dan belakang kapal dengan kasar, anda bisa menggunakan serutan kayu para tukang atau menggunakan pisau kerajinan. Sehingga bentuknya seperti berikut :








1 comment:

  1. Keren gan, saya termasuk orang yg suka dengan proses pembuatan kapal. Bisa dicoba nih..

    ReplyDelete