02 March 2013

Teknik pembuatan tiang layar pada miniatur kapal


Teknik pembuatan tiang pada miniatur kapal

Salah satu bagian terpenting dari miniatur kapal adalah teknik pembuatan tiang. Pembuatan tiang layar pada miniatur kapal sama penting nya pada pembuatan geladak.

Ada dua jenis tiang layar yang bisa dibuat. Yaitu tiang layar sederhana dan tiang layar kompleks. Tiang layar sederhana umumnya digunakan untuk miniatur kapal yang kecil atau miniatur kapal yang tidak terlalu detail. Sedangkan untuk tiang layar yang kompleks dibuat untuk memenuhi dan menyeimbangkan miniaturnkapal yang memiliki tingkat kedetailan yang tinggi. Untuk miniatur kapal eropa, tentunya kita akan menggunakan tiang layar yang kompleks.


Pembuatan tiang layar sederhana.
1. Bahan yang digunakan : bambu sumpit dengan diameter antara 5 mm hingga 15 mm. Tergantung dari ukuran geladak miniatur kapal.  Anda dapat juga menggunakan kayu bulat yang dijual dipasaran.

2. Variasi dari tiang : 
A. Variasi 1 strip.
Artinya adalah tiang dibentuk dari 1 kayu utuh dari bawah hingga ke atas. Teknik ini umumnya digunakan untuk miniatur kapal dibawah 80 cm.
B. variasi 3 strip.
Artinya tiang dibentuk dari penggabungan 3 bagian dari tiang yang disambung. Teknik ini umumnya digunakan untuk miniatur kapal diatas 80 cm.
Tujuan penggunaan 3 strip ini adalah membuat tiang kapal lebih bervariasi dan menjaga keseimbangan pada saat merangkai tali menali layar (akan dibahas dikemudian). Disamping itu fungsi 3 strip ini akan membuat merangkai tali temali akan lebih mudah dan kuat.

3. Pembuatan lubang untuk tali temali
Setiap tiang yang ingin kita Buat harus kita ukur terlebih dahulu untuk dibuat lubang sebelum disatukan dengan bagian geladak. Tujuan pembuatan lubang ini adalah agar pada saat merangkai tali temali akan lenih mudah dan tidak perlu membongkar lagi.

4. Pembuatan pondasi tiang.
Sebelum tiang disatukan dengan bagian geladak perlu dibuat pondasi cakar ayam yang kuat. Bagian terpenting dari tiang ini terletak pada pondasinya. Usahakan pada saat anda menyesuaikan tiang dengan lobang pada bagian geladak miniatur kapal, tidak terlalu longgar. Jangan sekali kali bergantung pada kekuatan lem kayu. Karena pada saat seiring waktu, lem kayu dapat melemah kekuatannya. Namun yang paling aman adalah memastikan bahwa pondasi tidak longgar.
Kemudian, pembuatan pondasi tiang layar diusahan segi empat ataupun bergerigi seperti roda gear. Namun anda dapat sesuaikan dengan teknik lain yang penting tidak menyebabkan tiang mudah copot.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment